Kenali 5 Macam Arti Tangisan Bayi

Kenali 5 Macam Arti Tangisan BayiBayi pada umumnya menangis sekitar satu hingga tiga jam per hari. Seiring bertambahnya usia bayimu, kebutuhan untuk mencari perhatian lewat menangis akan berkurang karena ia mulai memelajari eye contact, tersenyum, dan bersuara.

Lapar adalah hal yang paling sering membuatnya menangis, tapi bagaimana kamu tahu kalau anakmu menangis karena lapar? Menurut Priscilla Dunstan, penulis buku Dunstan Baby Language yang membahas arti tangisan bayi, terdapat lima tangisan bayi yang perlu dipelajari semua ibu. Tangisan itu adalah:


1.Lapar
Hal pertama yang mungkin sedang dirasakan bayi adalah rasa lapar. Untuk bayi yang baru lahir, sebenarnya Anda bisa membaca sinyal-sinyal lapar, bahkan sebelum ia menangis. Perhatikan apakah dia memegang mulut, memasukkan jarinya ke mulut, atau terlihat tidak tenang.

2.Buang Air
Beberapa bayi memang lebih sensitif ketika popok atau celananya kotor. Ia akan langsung menangis karena merasa tidak nyaman. Langsung ganti popok atau celananya ketika hal ini terjadi.

3.Mengantuk
Biasanya bayi yang terlalu lelah akan mengalami masalah sulit tidur, meski telah mengantuk. Akibatnya ia mulai merengek, menangis, karena merasa kesal atau frustrasi. Atasi ini dengan langsung mencoba menidurkannya ketika ia sudah mulai menguap atau ketika bayi menangis, peluklah sambil menyanyikan lagu yang menenangkan.

4.Suhu Udara
Biasanya bayi menangis ketika selesai mandi atau ganti baju. Tangisan bayi jenis ini adalah tanda kedinginan. Bayi terbiasa dengan suhu hangat sejak dalam kandungan, jadi usahakan untuk menjaga temperatur ruangan tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

5.Sakit Perut
Bayipun dapat mengalami colic atau kram perut. Umumnya terjadi pada 1 sampai 4 bulan setelah kelahiran. Sebuah studi menunjukkan bahwa bayi yang tidak diberi ASI memiliki risiko terkena colic 2 kali lebih tinggi dibanding bayi ASI Eksklusif. Biasanya, tanda-tanda bayi colic adalah merengek atau menangis setelah habis makan atau menyusui dan tangisan ini berlangsung lama. Bila ini terjadi, baringkan bayi dalam keadaan telentang, angkat kakinya ke arah perut dengan gerakan memutar. Lakukan perlahan sambil mengucapkan kalimat-kalimat menenangkan.

0 Response to Kenali 5 Macam Arti Tangisan Bayi

Post a Comment